Wednesday 31 December 2014

Contoh RPP KTSP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SD INSAN CITA
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Tema/SubTema
Kelas                                    :    IV (Empat)
Semester                              :    1 (Ganjil)

A.      Materi Pokok
Menghindari Perilaku Munafik

B.       Alokasi Waktu               
1 x 2 jam pelajaran

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui model cooperative  learning peserta didik dapat:
1. Melalui kegiatan lihat video dan penjelasan dari guru peserta didik dapat memahami kisah orang munafik.
2. Melaluui kegiatan diskuusi peserta didik dapat menyebutkan ciri–ciri orang munafik
3. Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat menyebutkan dampak negativ yang ditimbulkan dari sifat orang munafik
4. Melalui kegiatan meneladani peserta didik dapat menghindari sifat orang munafik

D.      Kompetensi Dasar         
1.      Menghindari sifat Munafik
2.      Menjelaskan Sifat Munafik, dampak negativ dan cara menghindarinya
3.      Menceritakan dampak negative sifat Munafik

E.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menceritakan kisah orang munafik
2.      Menyebutkan ciri-ciri orang munafik
3.      Menyebutkan dampak negative sifat munafik
4.      Menghindari sifat orang munafik
F.       Materi Pembelajaran
Menghindari perilaku munafik
Sifat munafik adalah sifat yang sangat tercela. Sifat munafik disebut juga orang yang bermuka dua karena antara perkataan dan perilakunya tidak sesuai
Cirri-ciri orang munafik ada tiga :
1.      apabila berkata ia dusta
2.      apabila berjanji  ia mengingkari
3.      apabila dipercaya berkhianat

akibat dari sifat munafik adalah
1.      mendapat balasan dari Allah yaitu dimasukkan keneraka
2.      orang munafik kalau diakhirat dipisahkan oleh orang beriman
3.      orang lain akan benci dan menjauhi orang munafik

cara menghindari sifat orang munafik
1.      senantiasa menjaga lisan
2.      memeperbaiki setiap keburukan yang dengan berbuat baik kepada orang lain
3.      meneladani sikap nabi Muhammad SAW
4.      mengingat bahwa Allah SWT Maha Melihat, Mendengar, Mengetahui dan Mengawasi kita
5.      senantiasa takut kepada Allah SWT dan menjalin silaturrahim sesame teman
6.      berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT

G.      Metode Pembelajaran
Metode:
Small Group Discussion,Brainstorming dll

H.      Media Pembelajaran
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

I.         Sumber Belajar
Buku PAI SD, Al-Qur’an dan terjemahnya. dll

J.        Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Guru membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khusyu’;
b.     Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
a.     Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pokok ;
b.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
c.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, ,menanya, eksplorasi dan mengomunikasikan serta menyimpulkan

20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Peserta didik diajak mencermati kisah orang munafik
·      Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai kisah orang munafik
·      Guru menyampaikan konsep atau permasalahan yang akan didiskusikan oleh peserta didik
·      Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi menghindari sikap orang munafik


110 menit
3.
Penutup
a.  Dengan bantuan guru peserta didik dapat memberikan kesimpulan berkaitan dengan matteri menghindari perilaku munafik;
b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa menghindari sifat orang munafik
c.  Guru mengajak peserta didik  untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksanakan

10 menit

K.      Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
·      Menemukan bukti kisah orang Munafik beserta dampaknya
·      Merumuskan solusi untuk menghindari sifat munafik
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
No
Nama Peserta didik
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
3
4
5








































































Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitas berpendapat
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor perolehan
Nilai   =                                    x  100
Skor Maksimal                              
Kriteria Nilai
A  =   80 – 100   :    Baik Sekali 
B  =   70 – 79     :    Baik
C  =   60 – 69     :    Cukup
D  =   ‹60           :    Kurang
Portofolio
·       Membuat paparan tentang kisah orang munafik
Tes
·      Tes tulis tentang kisah, cirri-ciri, dampak orang munafik
Guru juga melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati kisah pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                          3 =  Baik
  2 =  Sedang                      1 =  Kurang baik
Rentang Skor  =  Skor Maksimal – Skor Minimal
              =  16 - 4
              =  12/4
              =  3
MK        =   14 - 16
MB        =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT         =   4 -   6
Keterangan:         
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


Mengetahui,
Kepala SD.....


...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI


.................................................
NIP. ........................................

No comments:

Post a Comment