Monday 26 October 2015

FOTOSINTESIS



Bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

            Pada sebagian besar tumbuhan tinggi,daun merupakan organ pertama untuk fotosintesis. Fotosintesis tidak hanya terjadi pada daun,tetapi terjadi pada semua bagian tumbuhan yang hijau.
            Pada permukaan luar epidermis bawah dan atas biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula dan kadang-kadang sebelah laurnya lagi terdapat lapisan lilin.Lapisan kutikula dan lilin ini berguna untuk mecegah penguapan air (transpirasi) berlebihan dan menambah kekuatan.
            Di antara sel-sel epidermis daun terdapat mulut daun (stomata).Fungsi stomata sebagai pengatur penguapan,pengatur masuknya gas CO2 dari udara dan keluarnya gas O2 ke udara selama fotosintesis berlangsung dan arah sebaliknya pada waktu respirasi berlangsung.
            Mesofil merupakan jaringan dasar yang terletak antara epidermis atas dan epidermis bawah.Pada tumbuhan monokotil,mesofilnya tersusun atas parenkima yang seragam.Pada daun dikotil,perenkima berkembang menjadi palisade (jaringan tiang,jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang).
            Sesuai dengan fungsinya,mesofil merupakan daerah fotosintesis utama karena mengandung kloroplas.Kandungan kloroplas palisade lebih banyak dibandingkan dengan yang berada di spons.
            Organel yang berperan dalam fotosintesis adalah kloroplas.Organel tersebut berisi pigmen klorofil yang menyebabkan warna hijau pada tumbuhan.Di setiap sel terdapat 40-50 kloroplas.Di dalam kloroplas inilah penyerapan sinar oleh klorofil dimulai dari proses fotosintesis.



No comments:

Post a Comment