Tuesday 20 October 2015

RESENSI BUKU : Pluralisme Agama pergulatan dialogis Islam-Kristen di Indonesia

RESENSI BUKU : Pluralisme Agama pergulatan dialogis Islam-Kristen di Indonesia


Sejarah kehidupan di dunia telah tertulis mengenai dua agama besar di dunia, yakni Islam dan Kristen konflik internasional maupun nasional dan bahkan regional di berbagai tempat telah terjadi, dimulai sejak era keemasan Islam yakni pada kekuasaan dinasti Abbasiyah  pernah  terjadi perang salib, yang melibatkan dua agama tersebut. Perang yang berlangsung sekitar dua abad tersebut sebagai awal dan akar dari munculnya konflik dikemudian hari.
Pada akhir-akhir ini dunia telah diramaikan oleh aksi komunitas anti Islam di Amerika Serikat yang menyelenggarakan kegiatan melukis Nabi Muhammad SAW.
Sebagai penanggulangan dari konflik antar agama, kemudian muncul konsep pluralisme agama sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Buku yang ditulis oleh Dr. Zainuddin, M.A. berjudul “pluralisme agama pergulatan dialogis Islam-Kristen di Indonesia”,  dapat memberikan pemahaman atas sikap toleransi yang harus di miliki masing-masing individu terhdap individu lain, sehingga dapat meminimalisir konflik antar agama.

Menakar pluralisme agama sebagai pembahasan pertama dalam buku ini, karena arah dari pembahasan merupakan hasil dari penakaran terhadap potensi pluralisme agama, seperti yang tertulis pada halaman(3), “berdasarkan tinjauan dari sudut pandang keberagamaan yang memiliki perbedaan dalam kecenderungan sikap, sikap eklusif, inklusif dan plural”.

Selanjutnya pada halaman(6) juga di masukkan penjelasan mengenai kemunculan dari pluralisme agama yang menjelaskan bahwa “pluralism tidak memiliki akar ideologis maupun teologis yang kuat, sedangkan ide dari pluralisme agama dalam dunia Islam adalah akibat dari pengaruh penetrasi Barat modern yang muncul pada masa perang dunia kedua, yaitu ketika para generasi muda Islam mengenyam pendidikan Barat”.

Mengenai relasi Islam-Kristen berdasarkan sejarah dan harapan penulis sajikan sebagai bahan pertimbangan agar konflik dua agama tersebut tidak berkepanjangan dan semakin besar. “sejak Islam zaman Nabi Muhammad SAW yang merupakan pemimpin umat sekaligus pemimpin negara telah meletakkan dasar-dasar pemerintahan dan menetapkan regulasi antar umat beragama yang di kenal dengan Piagam Madinah”. halaman (22).

Penejelasan mengenai hubungan Islam dan Kristen pada zaman Nabi Muhammad SAW  mengingatkan kepada masyarakat pada saat ini bahwa kehidupan beragama merupakan hak masing-masing individu dan tidak ada paksaan bagi setiap pemeluk yang meyakini agamanya. sehingga dapat meningkatkan sikap toleransi yang seringkali dilupakan.

Yang menarik dalam buku ini ialah dimuatnya dialog antara tokoh-tokoh dari kalangan Islam maupun Kristen. dalam pandangan Hasyim Muzadi sebagai salah satu tokoh Islam, konflik yang terjadi pada umat antar agama didasarkan atas tiga faktor,” pertama, karena pemahaman agama yang parsial, kedua, karena ditunggangi oleh unsur politik dan ekonomi, ketiga, karena persolan non agama yang di agamakan. yang menurutnya dapat diatasi oleh tiga faktor pula, pertama, pemahaman agama yang benar, kedua, menciptakan system social yang baik, ketiga, menganalisis kondisi Indonesia secara menyeluruh untuk membangun Indonesia baru yang berperadaban”halaman(175)

Sedangkan dalam pandangan salah satu tokoh Kristen, Pendeta Bambang “perbedaan antar agama adalah wajar, bahkan perbedaan satu agama dengan beberapa aliran teologi, ajaran, ritual juga wajar”,halaman(190) lebih lanjut lagi penjelasannya mengenai kemunculan konflik ia menegaskan era “globalisasi dimana manusia menjadi saling terbuka dan tergantung antara satu dengan yang lainnya serta hidup bersama umat beragama lain yang berbeda sama sekali, yang memunculkan ketegangan dan konflik”. halaman(191).


Secara keseluruhan dalam buku yang berjudul Pluralisme Agama pergulatan dialogis Islam-Kristen di Indonesia, membahas mengenai pluralisme agama dan masyarakat umum sebagai obyek. dari kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah atas. oleh karena itu dalam buku tersebut di sajikan Kajian-kajian mengenai pluralisme agama maupun toleransi menurut beberapa perspektif yang berdasarkan fenomena dan permasalahan dalam kehidupan nyata.

No comments:

Post a Comment